DEFINISI ANDROID DAN KORELASINYA DENGAN KERNEL LINUX

MG Cellular WTC Surabaya (Jasa Service Handphone/Smartphone Android Termurah, Terbaik, Bergaransi, dan Bisa Ditunggu di Kota Surabaya) - Banyak dari kita yang sudah menggunakan HP Android. Ya kehadiran android memang benar-benar banyak membantu aktifitas kita sehari-hari. Pertanyaannya, apakah definisi dari Android itu sendiri? Apa kita semua benar-benar bisa menejelaskannya? Lalu apa korelasi antara android dengan kernel linux? Okay, dalam artikel kali ini situs www.mgcellular.com akan secara khusus membahas tentang Apa itu Operating system Android™ dan Apa Korelasinya dengan Kernel Linux©? Penasaran?Scroll terus artikelnya ya!

1. Apa Definisi Operating System Android

Android adalah tumpukan perangkat lunak untuk perangkat seluler yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi utama. Android SDK menyediakan alat dan API yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi di platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

2. Fitur Apa Saja Yang Ada Dalam Operating System Android?

Berikut ini daftar fiitur yang terdapat Pada Sistem Operasi Android:

  • Kerangka aplikasi memungkinkan penggunaan kembali dan penggantian komponen
  • Mesin virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat seluler
  • Browser terintegrasi berdasarkan mesin WebKit open source
  • Grafik yang dioptimalkan didukung oleh pustaka grafik 2D khusus; Grafik 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 1.0 (akselerasi perangkat keras opsional)
  • SQLite untuk penyimpanan data terstruktur
  • Dukungan media untuk audio umum, video, dan format gambar diam (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • Telepon GSM (tergantung pada jenis hardware)
  • Bluetooth, EDGE, 3G, 3G+, 4G, 4G+, 5G, dan WiFi (tergantung perangkat keras)
  • Kamera, GPS, kompas, dan akselerometer (bergantung pada perangkat keras)
  • Lingkungan pengembangan yang kaya termasuk emulator perangkat, alat untuk debugging, memori dan profil kinerja, dan plugin untuk Eclipse IDE

3. Bagaimana Sih Arsitektur Pada Operating System Android?

Ya, diagram di atas menunjukkan komponen utama sistem operasi Android. Setiap bagian dijelaskan dengan sangat detail loh!

4. Aplikasi Yang Ada Pada Operating System Android

Android akan dikirimkan dengan satu set aplikasi inti termasuk klien email, program SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lainnya. Semua aplikasi ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

5. Kerangka Aplikasi Pada Operating System Android?
Dengan menyediakan platform pengembangan terbuka, Android menawarkan kepada pengembang kemampuan untuk membangun aplikasi yang sangat kaya dan inovatif. Pengembang bebas memanfaatkan perangkat keras perangkat, mengakses informasi lokasi, menjalankan layanan latar belakang, menyetel alarm, menambahkan pemberitahuan ke bilah status, dan banyak lagi.

Pengembang memiliki akses penuh ke API kerangka kerja yang sama yang digunakan oleh aplikasi inti. Arsitektur aplikasi dirancang untuk menyederhanakan penggunaan kembali komponen; setiap aplikasi dapat mempublikasikan kemampuannya dan aplikasi lain kemudian dapat menggunakan kemampuan tersebut (tunduk pada batasan keamanan yang diberlakukan oleh kerangka kerja). Mekanisme yang sama memungkinkan komponen diganti oleh pengguna.

Yang mendasari semua aplikasi adalah seperangkat layanan dan sistem, termasuk:

  • Kumpulan Tampilan yang kaya dan dapat diperluas yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi, termasuk daftar, kisi, kotak teks, tombol, dan bahkan browser web yang dapat disematkan
  • Penyedia Konten yang memungkinkan aplikasi mengakses data dari aplikasi lain (seperti Kontak), atau untuk berbagi datanya sendiri
  • Manajer Sumber Daya, menyediakan akses ke sumber daya non-kode seperti string, grafik, dan file tata letak yang dilokalkan
  • Manajer Pemberitahuan yang memungkinkan semua aplikasi untuk menampilkan peringatan khusus di bilah status
  • Manajer Aktivitas yang mengelola siklus hidup aplikasi dan menyediakan backstack navigasi umum

6. Perpustakaan Pada Operating System Android?

Android menyertakan sekumpulan pustaka C / C ++ yang digunakan oleh berbagai komponen sistem Android. Kemampuan ini diekspos ke pengembang melalui kerangka aplikasi Android. Beberapa pustaka inti tercantum di bawah ini:

  • System C library - implementasi yang diturunkan dari BSD dari library sistem C standar (libc), disesuaikan untuk perangkat berbasis Linux yang disematkan
  • Perpustakaan Media - berdasarkan OpenCORE PacketVideo; perpustakaan mendukung pemutaran dan perekaman banyak format audio dan video populer, serta file gambar statis, termasuk MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, dan PNG
  • Surface Manager - mengelola akses ke subsistem tampilan dan menggabungkan lapisan grafis 2D dan 3D dengan mulus dari berbagai aplikasi
  • LibWebCore - mesin browser web modern yang mendukung browser Android dan tampilan web yang dapat disematkan
  • SGL - mesin grafis 2D yang mendasari
  • Perpustakaan 3D - implementasi berdasarkan OpenGL ES 1.0 API; perpustakaan menggunakan akselerasi perangkat keras 3D (jika tersedia) atau rasterizer perangkat lunak 3D yang sangat dioptimalkan dan disertakan
  • FreeType - bitmap dan rendering font vektor
  • SQLite - mesin database relasional yang kuat dan ringan yang tersedia untuk semua aplikasi

7. Runtime Pada Operating System Android?
Android menyertakan sekumpulan pustaka inti yang menyediakan sebagian besar fungsionalitas yang tersedia di pustaka inti bahasa pemrograman Java. Setiap aplikasi Android berjalan dalam prosesnya sendiri, dengan instance sendiri dari mesin virtual Dalvik. Dalvik telah dibuat agar perangkat dapat menjalankan banyak VM secara efisien. 
VM Dalvik mengeksekusi file dalam format Dalvik Executable (.dex) yang dioptimalkan untuk footprint memori minimal. VM ini berbasis register, dan menjalankan kelas yang dikompilasi oleh compiler bahasa Java yang telah diubah menjadi format .dex dengan alat "dx" yang disertakan. VM Dalvik mengandalkan kernel Linux untuk fungsionalitas yang mendasari seperti threading dan manajemen memori tingkat rendah.

Korelasi Operating System Android dengan Kernel Linux

Android mengandalkan Linux versi 2.6 untuk layanan sistem inti seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, tumpukan jaringan, dan model driver. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstraksi antara perangkat keras dan tumpukan perangkat lunak lainnya. (source: @anonymous)
Nah itu dia artikel tentang Apa itu Sistem Operasi Android™ dan Apa Korelasinya dengan Kernel Linux©? dari situs www.mgcellular.com, semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!


Jika anda saat ini Tinggal atau Sedang Singgah di Kota Surabaya dan Punya Masalah dengan Device Handphone/SmartPhone Android anda? Silahkan Kunjungi Outlet Service Center kami di Plaza WTC Lantai 4, Outlet Nomor 4023, Jl. Pemuda No. 27-37, Kel. Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60263.

MG Cellular WTC Surabaya Melayani Jasa Service Handphone/Smartphone Android Panggilan di Area Berikut ini:

  • Service HP di Area Kota Surabaya (Pusat, Barat, Utara, Timur, Selatan)
  • Service HP di Area Kota Gresik (Area Gresik Kota dan Kabupaten)
  • Service HP di Area Kota Sidoarjo (Area Gresik Kota dan Kabupaten)

*MG Cellular WTC Surabaya juga menerima Service pengiriman Perangkat Handphone/Smartphone Android dari Luar Kota Surabaya maupun dari Luar Pulau Jawa. (Syarat dan Ketentuan Berlaku)

Untuk Detail Layanan MG Cellular Silahkan Hubungi Customer Service kami di Kontak Berikut:


Salam

Manna Group Cellular WTC Surabaya



SHARE THIS:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.